Rabu, 25 Juli 2012

TAPE KETAN

Travaga - HorizontalSmall
Tape adalah makanan dari hasil fermentasi mikroba, terutama kapang dan ragi. Kalau rasa manis dari tape, dipengaruhi dari kadar gula tapenya sendiri. Dalam proses fermentasi ini pati akan dirubah menjadi gula, dan oleh ragi gula akan dirubah menjadi alkohol. Maka dari itu, tape yang tersimpan terlalu lama akan mengandung alkohol.

Rasa asam yang kadang timbul pada tape, disebabkan karena proses-proses yang kurang teliti , seperti penambahan ragi yang berlebihan dan penutupan yang kurang rapat pada saat fermentasi. Rasa asam pada tape juga dapat terjadi bila proses fermentasi berlangsung terlalu lanjut.
Dan untuk menghasilkan tape yang baik, diperlukan ragi yang baik pula.
Bahan :
* Beras ketan
* Ragi tape


Cara Pembuatan :
1. Rendan beras ketan dengan air bersih
2. Cuci beras ketan yang telah direndam tadi sampai bersih.
3. Kukus beras ketan tadi, sampai setengah masak.
4. Setelah setengah masak, angkat dan siram dengan air dingin. Kemudian kukus lagi beras ketan tadi sampai masak. Tetapi usahakan jangan terlalu empuk.
5. Angkat, taburi dengan ragi.
6. Ketan yang sudah ditaburi ragi tersebut, kemudian tutup dengan daun pisang atau masukkan ke dalam kantong plastik yang tertutup .
7. Fermentasikan selama kurang lebih 3 hari, yaitu dibiarkan dalam suhu kamar selama 3 hari.
8. Tape ketan siap untuk dinikmati.
Catatan  : Untuk menghasilkan tape yang lebih menarik, dapat diberi warna hijau dengan daun suji/pandan atau dengan pewarna hijau makanan.

Source : Paket Industri Pangan untuk Pedesaan
              IPB - 1982




0 komentar: