Selasa, 31 Mei 2011

KACANG ATOM

Travaga - HorizontalSmall Dari berbagai jenis kacang-kacangan yang ada, kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan yang umum dikenal oleh petani. Kacang tanah ini biasanya ditanam sebagai tanaman tumpang sari dengan jagung. Kacang tanah banyak mengandung lemak dan protein, serta mudah didapat dimana-mana dan juga mempunyai nilai ekonomis yang kuat.


Sebagai produk pertanian yang mengandung protein, kacang tanah bertahan tidak terlalu lama dalam penyimpanan. Karena sangat mudah diserang hama kutu dan serangga lainnya. Untuk memperpanjang umur penyimpanan dan meningkatkan nikai ekonomisnya, kacang tanah banyak diolah menjadi panganan siap makan atau snack.


Salah satu contohnya dibuat kacang atom atau kacang shanghai. Pengolahannya sangat mudah. Kacang tanah dilapisi tepung yang telah dicampur dengan bumbu-bumbu dan kemudian digoreng. Kacang atom disamping mudah pembuatannya, juga banyak disukai konsumen. Hal ini memberikan suatu peluang usaha yang baik.


PROSES PEMBUATAN KACANG ATOM


Bahan Yang Dibutuhkan :
1. Kacang tanah 2kg
2. Tepung Tapioka 2kg
3. Garam dapur secukupnya
4. Bawang Putih 50gr
5. Tepung tawas  4 sdt
6. Air 2,5L                     
7. Penyedap rasa secukupnya


Cara Pembuatan :
1. Siapkan tepung tapioka sebanyak 1/10 bagian. kemudian larutkan dengan air sebanyak 2,5L dan dipanaskan sampai menjadi bubur.
2. Bumbu-bumbu seperti garam dapur, bawang putih dan penyedap rasa ditumbuk sampai halus.
3. Campurkan bumbu-bumbu yang telah ditumbuk dengan tepung tawas, dan bubur tapioka. kemudian aduk sampai rata. Pisahkan 1/3 bagian dari bubur ini, kemudian campurkan bagian ini dengan kacang tanah dan aduk sampai rata. Proses ini diulang-ulang sampai 3 kali, sampai bahan yang diperlukan terpenuhi.
4. Kacang tanah yang telah dicampuri dengan adonan, diletakkan pada tampah yang telah ditaburi dengan 3/10 bagian tepung tapioka. Kemudian tampah tersebut digoyang-gotangkan (dienter). Deangan tujuan untuk melekatkan tepung dengan campuran tersebut. Proses ini diulang-ulang sampai 3 kali, sampai bahan yang diperlukan terpenuhi.
5. Setelah pencampuran dan penggoyangan, akan diperoleh kacang yang berselaput tepung. Kemudian goyang-goyangkan kacang ini pada kalo.
6. Panaskan minyak da;am wajan. Goreng kacang berselaput ini dalam minyak panas selam kurang lebih 3 menit.
7. Dinginkan dan bungkus dalam plastik.


Saduran dari Buletin FTDC - IPB Maret 1981

0 komentar: