Selasa, 31 Mei 2011

WEDANG SECANG

Travaga - HorizontalSmall
wedang secang
Masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah memiliki banyak minuman khas, dan umumnya terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Salah satunya adalah wedang secang. Minuman ini menyehatkan dan memiliki rasa yang manis serta membuat tenggorokan menjadi hangat. Sangat pas di minum di kala hujan dan menemani di waktu begadang.


Bahan :
  1. 5 biji Cabe Jawa
  2. 5 biji Kemukus
  3. 5 biji Kapulaga
  4. 5 biji cengkeh
  5. 1 ruas jari jahe, dibakar
  6. 1 batang sereh (putihnya saja)
  7. 1 potong kayu manis secukupnya
  8. 1 jumput kayu secang secukupnya
  9. 5 gelas air putih
  10. gula batu/gula pasir/madu secukupnya
Cara Membuat :
  1. Semua bahan kecuali kayu secang dan gula dicuci bersih dan direbus dengan api kecil agar zat yang terkandung di dalamnya dapat keluar dengan sempurna. Setelah air berwarna kecoklatan dan berbau harum, masukkan kayu secang dan panci ditutup hingga air mendidih dan berwarna kemerahan.
  2. Tambahkan gula atau madu sesuai selera.
Catatan :
  1. Untuk merebusnya, sebaiknya gunakan alat perebus yang terbuat dari gerabah yang terbuat dari tanah liat karena gerabah bisa mempertahankan aroma dari wedang secang
  2. Sajikan wedang secang dalam poci tanah. Dijamin lebih nikmat dan lebih terasa tradisional.
  3. Sebaiknya menggunakan madu sebagai pemanis bagi penderita penyakit diabetes.
Manfaat Secang :
  1. Secang mempunyai efek farmakologis menghentikan perdarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun dan antiseptik.
  2. Secang mempunyai warna merah alami didalamnya mengandung zat: safrol, tanin, phenil prophil acetat, karminatif, dan stomakik. Zat – zat tersebut bermanfaat untuk : mengurangi stres, melonggarkan pernapasan, menambah nafsu makan, kaki tangan berkeringat, pemecah gas dalam perut, memperbaiki pencernaan dan asma.
  3. Selain itu juga dapat mengatasi gangguan pembuluh darah koroner yang menyempit dan juga berfungsi mengurangi tekanan darah sehingga peredaran darah menjadi lancar.

0 komentar:

Submit ExpressSearch Engine Marketing