Rabu, 09 Juni 2010

KACANG ASIN

Travaga - HorizontalSmall
Kacang asin adalah jenis makanan ringan yang terkenal dan sangat digemari masyarakat. Makanan ini banyak dijajakan di pasar, stasiun, terminal bus bahkan bisa ditemui di toko-toko. 

Pengolahan kacang asin bertujuan untuk pengawetan, karena dalam proses pembuatannya ditambahkan garam disertai dengan pengeringan. Garam berguna sebagai zat pengawet, sedangkan pengeringan bertujuan untuk mengurangi kadar air dari bahan. Berkurangnya kadar air, akan menghambat tumbuhnya mikroba pengrusak.

Cara pembuatan kacang asin sangat sederhana, sehingga hampir setiap orang dapat membuatnya. Kacang tanah setelah dibersihkan, direbus dengan garam, lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah kering, kacang disangrai atau disangan.

Akan tetapi ada produsen yang memproduksi kacang asin tanpa disangrai, yaitu setelah kacang direbus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari saja. Setelah kering, kemudian dimasukkan dalam kantung plastik, diberi label dan kemudian dipasarkan. Tetapi dengan cara ini, pengawetannya kurang karena kandungan air masih terlalu tinggi dan resiko terjadinya kerusakan lebih besar.

Bahan Yang Dibutuhkan :
1. Kacang Tanah
2. Garam Dapur
3. Air bersih

Cara Pembuatan :
1. Pilih kacang tanah yang baik (tidak keropos dan tidak tengik)
2. Kacang tanah dicuci, kemudian direbus dan ditambahi dengan garam dapur
3. Setelah kacang masak, taruh dalam tampah besar dan tiriskan sampai air tidak menetes lagi.
4. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari sampai kering (kurang lebih selama 2 jam)
5. Kacang yang sudah kering, kemudian digoreng sangan atau sangrai. Dan penyangraian dihentikan apabila sudah terdengar bunyi tik-tik dari kacang. Untuk produksi besar penyangraian dapat dilakukan dengan mesin sangrai (gasingray)
6. Setelah dingin, kacang dibungkus dalam kantung plastik dan ditutup rapat.
7. Kacang asin siap dipasarkan

2 komentar:

Purwati mengatakan...

wah ini kesukaan ku nih..
blog ini sudah terpasang di blogku mbak di link exchage

Damar mengatakan...

halo.. maaf lama balesnya, terima kasih yaa...