Selasa, 25 Mei 2010

BANDENG PRESTO

Travaga - HorizontalSmall
Daging ikan bandeng dikenal gurih, beraroma khas dan berwarna putih.Tetapi ikan ini dikenal banyak sekali durinya, sehingga terkadang kita kurang begitu suka untuk mengkonsumsinya. Untuk mengatasi hal ini, ikan bandeng kemudian diolah dengan menggunakan pemanas bertekanan (autoclave atau pressure cooker), kadang ibu-ibu Rumah tangga menyebutnya dengan panci presto. Supaya menghasilkan ikan bandeng yang berduri lunak atau bandeng presto. Supaya masakan ini punya nilai jual lebih tinggi.

Hasil olahannya mempunyai warna, rasa dan aroma yang tidak banyak berubah, dibandingkan dengan rasa ikan segarnya. Tekstur dagingnya menjadi lebih padat dan kenyal. Duri juga tulangnya jadi lunak sehingga seluruh bagian ikan dapat dikonsumsi.

Bahan dan Bumbu yang dibutuhkan :
1. Ikan Bandeng segar
2. Daun Pisang atau Aluminium Foil
3. Bawang Merah 20gr
4. Bawang Putih 10gr
5. Jahe 5gr
6. Kunyit 5gr
7. Laos 5gr
8. Ketumbar 1/2 sdt
9. Kemiri 2 butir
10.Air 1/2 gelas
11. Daun jeruk purut 2-3 lembar
12. Daun salam 2-3 lembar
13. Garam secukupnya
14. Cabe, asam jawa tanpa biji secukupnya

Cara Pembuatan :
1. Untuk ikan berukuran besar : Terlebih dahulu, buang sisik dan insang ikan. Belah bagian perut ikan untuk mengeluarkan isi perut, usahakan agar empedu tidak pecah.
Untuk ikan berukuran sedang : Terlebih dahulu, buang sisik ikan. Keluarkan insang dan isi perut dengan menarik insang secara perlahan-lahan, sehingga seluruh isi perut dapat tertarik keluar melalui rongga insang.

2. Cuci ikan dengan air bersih, agar semua kotoran yang masih melekat terutama di bagian rongga perut dan sisa pembuluh darah dapat dibersihkan. Sebaiknya menggunakan air mengalir agar dapat benar-benar bersih.

3. Untuk meniriskan air dari ikan, susun ikan pada wadah dengan posisi bagian perut menghadap ke bawah, agar tidak ada air yang menggenang terutama di rongga perut.

4. Giling halus semua bumbu yang telah dipersiapkan.
5. Lumuri ikan dengan bumbu, sampai seluruh permukaan ikan tertutupi bumbu. Untuk ikan berukuran besar, masukkan sebagian bumbu ke dalam belahan perut ikan.

6. Bungkus ikan yang telah diberi bumbu dengan aluminium foil atau daun pisang.
7. Susun ikan di dalam pressure cooker atau autoclave
8. Lakukan pemasakan selama kurang lebih 45 menit
9. Setelah masak, keluarkan ikan dari pressure cooker atau autoclave, dinginkan.
10. Setelah dingin, kemas dalam kantong plastik dan simpan pada suhu rendah.
11. Bandeng presto siap dipasarkan.

catatan : Komposisi bahan untuk 1kg ikan.

(saduran dari Paket Industri Pangan untuk Pedesaan, IPB)

0 komentar: